Air Tejun Ngabatata

Air terjun Ngabatata terletak di Desa Rendubutowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo. Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 40 meter lebih. Dasarnya membentuk sebuah kolam dengan ukuran sekitar 20 meter persegi. Menurut masyarakat setempat, batu-batu besar di sekitarnya adalah reruntuhan akibat reaksi gempa yang melanda kawasan Maumere pada tanggal 12 Desember 1992 silam. Sebelumnya, ada […]

Sumber : Istimewa

Air terjun Ngabatata terletak di Desa Rendubutowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo. Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 40 meter lebih. Dasarnya membentuk sebuah kolam dengan ukuran sekitar 20 meter persegi.

Menurut masyarakat setempat, batu-batu besar di sekitarnya adalah reruntuhan akibat reaksi gempa yang melanda kawasan Maumere pada tanggal 12 Desember 1992 silam. Sebelumnya, ada sebuah batu besar di puncak air terjun berbentuk bulat panjang seperti atap .

Cerita mengenai batu inilah yang membentuk nama Ngaba Tata. Dalam bahasa setempat, Ngaba adalah jurang atau tebing, sedangkan Tata memiliki arti atap yang di puncak. Air yang mengalir sepanjang Ngaba Tata berasal dari mata air Lambo.

Selanjutnya, ujung kali ini akan bertemu dengan kali Aesesa di kawasan Aemali. Debet air bisa naik tiga kali lipat pada saat musim hujan, hal ini bisa terlihat dari balutan lumut dan bekas air di bebatuan.

Bagi anda yang hoby trekking dan menyukai keindahan alam, Ngaba Tata adalah tawaran wisata yang murah meriah. Belum lagi jika kita trekking sepanjang kali Ngaba Tata sampai di pertemuan kali Aesesa, ada sebuah air terjun kecil dan gua kelelawar yang akan kita jumpai. Menurut warga setempat, tidak ada hal-hal berbau mitos atau “ Pemali” di kawasan air terjun ini. Namun, cukuplah kita untuk selalu mengingatkan tidak meninggalkan sampah bawaan kita di lokasi ini. Mari kita selamatkan dan menjaga keindahan alam kita, karena Nagekeo itu indah.

Air terjun ini merupakan destinasi yang penuh tantangan, hal ini dikarenakan akses menuju objek wisata ini masih sulit. Bagi pencinta trekking kondisi ini cukup menarik karena selain menikmati panorama di Air Terjun juga sekalian berpetualang di alam bebas.

Sumber : Istimewa
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *