Air Terjun di Timor Tengah Selatan, Eksotiknya Air Tagepe Noinbila

WISATA air bernama Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS ) ini sangat eksotik sebab belum `terjamah’ moderninasi alias masih asli dan asri. Bagi orang luar NTT, wisata Air Tagepe ini pasti asing terdengar. Ya, kata TAGEPE berasal dari Bahasa Kupang yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan TERJEPIT […]

Sumber : Novemy Leo (pos kupang)

WISATA air bernama Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS ) ini sangat eksotik sebab belum `terjamah’ moderninasi alias masih asli dan asri.

Bagi orang luar NTT, wisata Air Tagepe ini pasti asing terdengar. Ya, kata TAGEPE berasal dari Bahasa Kupang yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan TERJEPIT atau TERHIMPIT.

Karena itu Air Tagepe artinya air yang terjepit atau air yang terhimpit. Kenapa namanya Air Tagepe? Tentunya ada alasannya, sebab karena air di lokasi wisata ini airnya terkumpul atau berada di antara celah barisan tebing batu yang lebarnya bervariasi dengan panjang sekitar 1 Km.

Jarak antar tebing atau lebar luasan air itu mulai dari 1 hingga 5 meter, dengan kedalaman pun bervariasi mulai 30 Cm hingga 1 meter lebih.

Dari Kota Kupang ke Kabupaten TTS bisa ditempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam. Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit ini sumber airnya berasal dari Air Terjun Oehala yang berada sekitar 5 Km dari lokasi Air Tagepe Noibila. Air itu mengalir sepanjang tahun. Warna airnya biru dan sangat jernih.

Di lokasi wisata ini Anda akan disajikan pemandangan esotik air yang berkelok-kelok di antara tebing-tebing batu yang berada di sisi kanan dan kiri. Jika beruntung, Anda akan bertemu ribuan kupu-kupu kecil berwarna kuning yang berterbangan di sekitar Anda.

Bentangan air di spot itu berada di sepanjang sekitar 50 meter. Kondisi air yang berkelok-kelok mengikuti bentuk tebing-tebing batu yang tak beraturan itu menjadi daya tarik tersendiri dengan panjang sekitar 50 meter.

Belum lagi warna dari tebing plus gradasi warna air yang berwarna hijau, biru dan putih, bakal menambah esotik wisata itu. Selama berjalan atau berenang Anda akan menikmati spot-spot menarik yang mesti diabadikan dalam bentuk foto atau video.

Hanya saja, carilah pelindung kamera sehingga tak basah oleh air. Karena di beberapa bagian, ada air yang memiliki kedalaman hingga 2 meter.

Berenanglah sepuasnya karena suhu air pun dingin, segar bahkan ada di beberapa spot yang suhu airnya malah terasa hangat.

Ada juga spot lain yakni tebing batu dengan akar-akar pohon yang menjuntai dari atas hingga ke bawah tebing, yang mampu menyajikan pemadangan yang sangat `esotik’ dan mempesona. Ini menjadi salah satu spot menarik.

Spot lain adalah sebuah air terjun yang berada setelah Anda melewati tebing batu dengan sejumlah akar pohon yang menjuntai. Untuk sampai ke air terjun itu Anda mesti melewati sejumlah rintangan yang menyenangkan.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, sebaiknya Anda diantar warga lokal sehingga tidak tersesat. Dengan adanya warga lokal dadakan, bisa memudahkan perjalanan wisata Anda. Minta 2 warga lokal untuk menjadi quide dadakan.

Hal ini penting dilakukan karena barang-barang bawaan Anda tidak akan bisa dibawa semua sampai ke spot terakhir. Barang-barang itu mesti dititipkan dan dijaga seorang quide atau warga lokal. Sedangkan warga atau quide lain bisa mengantar dan menemani Anda ke spot-spot di Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit .

Jangan lupa membawa air mineral dan makanan ringan dan berat untuk mengalas perut selama perjalanan karena di lokasi wisata Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit tak ada yang menjual makanan dan minuman.
Bawa juga baju ganti karena di lokasi Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit ini Anda pasti akan berbasah basahan.

Sumber : Novemy Leo (pos kupang)
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *