Jokowi Menikmati Matahari Terbenam di Labuan Bajo dari Geladak Kapal Pinisi

LABUAN BAJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, Minggu (19/1/2020) pukul 11.43 Wita, menggunakan pesawat Kepresidenan. Ini merupakan kali ketiga kunjungan Kepala Negara di daerah pariwisata tersebut. Jokowi dan Iriana disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan istrinya, […]

Sumber : Istimewa (Instagram Joko Widodo)

LABUAN BAJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, Minggu (19/1/2020) pukul 11.43 Wita, menggunakan pesawat Kepresidenan. Ini merupakan kali ketiga kunjungan Kepala Negara di daerah pariwisata tersebut.

Jokowi dan Iriana disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan istrinya, Julie Sutrisno Laiskodat di tangga pesawat.

Turun dari pesawat, Jokowi dan Iriana langsung naik mobil yang sudah disiapkan, selanjutnya menuju Hotel Plataran Komodo.

Kedatangan Jokowi kali ini lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Sejumlah wartawan hanya diperbolehkan berada di dalam terminal Bandara Komodo dan tidak bisa berada sampai ke apron.

Tak ada kerumunan warga seperti kedatangan Jokowi sebelumnya di tahun 2019 lalu. “Besok, besok ya,” kata Gubernur Viktor kepada wartawan dari dalam mobil saat hendak meninggalkan Bandara Komodo.

General Affair Plataran Komodo, Kasianus Tumbir mengatakan selama kunjungan di Labuan Bajo, Jokowi bersama keluarga menginap di Resort Plataran Komodo.

Jokowi juga akan menikmati sejumlah fasilitas milik resort tersebut seperti Atlantis on Beach dan restoran Atlantis on the Rock. “Jokowi akan menginap selama dua malam sampai Selasa, 21 Januari,” ujar Kanisius.

Saat sore tiba, Jokowi menikmati matahari terbenam di Pantai Labuan Bajo. Jokowi menyaksikan indahnya sunset dari geladak Kapal Pinisi Felicia Plataran.

Hal itu diketahui dari akun Instagram Jokowi. “Menyaksikan matahari terbenam di pantai Labuan Bajo dari geladak Kapal Pinisi Felicia Plataran, sore tadi,” tulis Jokowi.

Jokowi memuji pesona alam Labuan Bajo. “Tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. Pesonanya sebagai kawasan wisata bahari sungguh lengkap, dari pantai berpasir putih, laut yang indah untuk berenang dan menyelam, sampai pemandangan di saat matahari terbenam ini,” tulis Jokowi lagi.

Tiga jam setelah diunggah, foto tersebut sudah disukai (like) 375.709 pemilik akun dan dikomentari lebih dari 3.000 kali. Salah satu yang komentar adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. “Pak Presiden Keren,” tulis @ganjar_pranowo disertai dengan emoji jempol.

Kepala Biro Humas Setda NTT, Marius Jelamu menjelaskan, hari pertama kunjungan tidak ada agenda pemerintahan.

“Untuk hari ini tak ada kegiatan kunjungan kerja. Beliau hanya ingin berkumpul bersama keluarganya di Labuan Bajo,” kata Kepala Biro Humas Setda NTT, Marius Jelamu di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Ia menjelaskan, Presiden Jokowi mulai melakukan kunjungan kerja pada Senin (20/1/2020). Jokowi akan meninjau dermaga peti kemas yang akan dibangun oleh Pelindo. Kemudian meresmikan Hotel Inaya yang dibangun PT ASDP Indonesia Ferry dan PT PP.

Pada Selasa (21/1/2020), Presiden Jokowi akan membagikan sertifikat tanah kepada ratusan masyarakat Manggarai Barat. Selanjutnya Jokowi dan Iriana beserta rombongan kebali ke Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang turut dalam penerbangan mengatakan, Presiden akan meninjau proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin.

“Selain itu, Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN,” kata Heru.

Menurut Heru, kunjungan kerja kali ini akan dimanfaatkan Presiden untuk meninjau infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo.

“Seperti kita ketahui, Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas tahun ini,” ucap Heru.

Pada bulan Juli 2019, Presiden telah meninjau infrastruktur di Labuan Bajo. Dalam beberapa kesempatan Presiden memang selalu menegaskan jika dirinya akan selalu memantau langsung pembangunan suatu infrastruktur.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.

Sebanyak 825 personel pasukan pengamanan VVIP telah disiapkan di Labuan Bajo untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Jokowi.

Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman mengatakan ratusan personel itu merupakan personel gabungan, terdiri dari 455 personel TNI AD, 40 personel TNI AU, TNI AL 30 orang dan 300 adalah personel dari kepolisian.

“Kemarin sore kita sudah gelar pasukan dan jumlah personel yang disiapkan mencapai 825 personel gabungan untuk mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo bersama rombongan,” katanya.

Sumber : Istimewa (Instagram Joko Widodo)
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *