Kabupaten Belu

Kabupaten Belu adalah salah satu kabupaten yang cukup maju di NTT. Letak kabupaten ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. terdiri dari 4 suku besar yang tersebar di beberapa wilyah kecamatan seperti Tetun,Marae,Kemak,dan Dawan. Atambua sebagai ibukota kabupaten belu terletak sekitar 300 m dpl, dengan suhu berkisar antar 27-37 derajat celcius. Sekeliling kota Atambua dipagari […]

Sumber : Istimewa

Kabupaten Belu adalah salah satu kabupaten yang cukup maju di NTT. Letak kabupaten ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. terdiri dari 4 suku besar yang tersebar di beberapa wilyah kecamatan seperti Tetun,Marae,Kemak,dan Dawan. Atambua sebagai ibukota kabupaten belu terletak sekitar 300 m dpl, dengan suhu berkisar antar 27-37 derajat celcius. Sekeliling kota Atambua dipagari oleh perbukitan sehingga kota Atambua cukup terlindungi dari terjangan angin yang keras, namun ini juga menyebabkan tidak banyak dataran yang rata di seputar kota Atambua.

Kota Atambua saat ini kurang lebih seluas 42 Km persegi, namun daerah yang dihuni baru sekitar 1/2 bagiannya atau kurang lebih 20 Km persegi karena sebagian lainnya merupakan daerah berbukit atau karena kurangnya akses jalan. Dalam kota transportasi dilayani oleh angkutan umum berupa mikrolet (dengan kapasitas penumpang sekitar 10 orang)yang melayani empat rute/trayek melalui 3 terminal.

Selain itu tersedia transportasi alternatif berupa jasa ojek sepeda motor. Untuk transportasi ke luar kota, dari kota Atambua tersedia bus (mini bus dengan kapasitas penumpang 24 orang)yang melayani rute ke kota-kota kecamatan dan kota kabupaten lainnya di Pulau Timor Bagian Barat (Kupang, Soe dan Kefamenanu). Atambua juga merupakan pintu gerbang utama menuju Timor Leste melalui perbatasan Motaain (sekitar 30 Km dari Atambua).

Di Atambua terdapat satu landasan udara sepanjang 1200 meter yang bisa didarati oleh pesawat-peswat kecil, diantaranya terdapat tiga maskapai yang melayani rute penerbangan Kupang-Atambua pulang pergi, masing-masing NBA, MNA dan Susi Air. Selain itu terdapat dua pelabuhan laut yang melayani kota Atambua yaitu pelabuhan Atapupu yang merupakan pelabuhan kargo dan minyak, dan pelabuhan Teluk Gurita yang merupakan pelabuhan penumpang (ferry) yang melayani rute Atambua-Alor.

Sumber : Istimewa
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *