Kuburan Megalitik

Keunikan lain Sumba Tengah yaitu kuburan megalitik sebuah batu berukuran raksasa bisa ditemukan hampir dimana saja dan pada umumnya terdapat ukiran atau relief-relief indah yang menggambarkan manusia,kuda,kerbau,ayam,anjing,buaya,tanduk kerbau,juga miniatur rumah adat dan rupa-rupa perhiasan. Ukuran sebuah batu Kubur bisa berceritra tentang banyak hal seperti status kebangsawanan dan kekayaan pemiliknya karena tidak semua mampu mendirikan batu […]

Sumber : Istimewa

Keunikan lain Sumba Tengah yaitu kuburan megalitik sebuah batu berukuran raksasa bisa ditemukan hampir dimana saja dan pada umumnya terdapat ukiran atau relief-relief indah yang menggambarkan manusia,kuda,kerbau,ayam,anjing,buaya,tanduk kerbau,juga miniatur rumah adat dan rupa-rupa perhiasan.

Ukuran sebuah batu Kubur bisa berceritra tentang banyak hal seperti status kebangsawanan dan kekayaan pemiliknya karena tidak semua mampu mendirikan batu kubur besar sebab pengerjaannya membutuhkan waktu,biaya dan tenaga untuk, menarik batu sampai tiba di kampung.

Megalitik Pasunga
Batu Kubur atau megalitik yang ada di kampung Pasunga terletak di desa anakalang,kecamatan Katikutana berada dalam radius ibu kota waibakul lokasinya mudah di jangkau letaknya tepat didepan jalan raya utama.Kuburan ini didirikan pada tahun 1957 sebagai tempat peristrahatan terakhir Umbu Pudda dan keluarganya.

Megalitik Wailolung
Tepatnya berada di Kampung Wailolung desa Anajiaka,Kecamatan U.R.Nggay Barat,jarak 2 km dari ibu kota waibakul.Kuburan sebagai tempat peristirahata terakhir yang bernama Umbu Tipuk Marissi sebagai Bupati Pertama Se- daratan Sumba, Kubu Batu ini merupakan kubur terbesar di Pulau Sumba.

Megalitik Kabonduk
Tepatnya berada di Kampung Kabonduk desa Makatakeri,Kecamatan Katikutana masih sekitar radius ibu kota waibakul sumba tengah.Batu kubur ini tempat peristirahatan terakhir raja Anakalang yang bernama Umbu Sappy Pateduk dan keluarganya.

Sumber : Istimwa
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *