Panduan Wisata di Nusa Tenggara Timur & Sekitarnya

Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah kepulauan, provinsi ini menyimpan begitu banyak tempat-tempat eksotis yang layak dikunjungi

Selain Bali, tempat wisata di Nusa Tenggara Timur juga tak kalah menarik dan selalu menjadi alternatif tempat liburan bagi para wisatawan. Karena NTT merupakan wilayah kepulauan, provinsi ini menyimpan begitu banyak tempat-tempat eksotis yang layak dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Nusa Tenggara Timur bisa dibilang masih perawan karena tak banyak dikunjungi orang, sehingga keasriannya pun masih terjaga dengan baik.

Selain itu, ada juga tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang ikonik dan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, sebut saja Labuan Bajo.

Labuan Bajo memang dikenal dengan objek wisata Taman Nasional Komodo dan Pink Beach-nya. Namun, ternyata di dalamnya masih ada banyak lagi objek wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Selain Labuan Bajo, ada juga beberapa tempat menarik yang bisa menjadi tujuan berwisata. Saat ini, NTT memang telah menjadi tempat impian banyak orang untuk bisa dikunjungi.

Perlu diketahui, di awal kemerdekaan, wilayah kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil dengan ibu kota di Kota Singaraja. Namun, saat ini sudah menjadi tiga provinsi terpisah, yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Ketiga provinsi ini sama-sama memiliki daya tarik wisata yang menarik. Jika ingin mengenal wisata NTT lebih dalam lagi, simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Nusa Tenggara Timur

Letak Geografis

NTT merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 566 pulau. Sebanyak 432 pulau di antaranya sudah memiliki nama, sedangkan sisanya masih belum memiliki sebutan.

Di antara empat pulau yang sudah bernama, terdapat empat pulau besar yang paling banyak dikenal, yaitu Flores, Sumba, Timor, dan Alor. Keempat pulau ini biasa disingkat juga dengan FLOBAMORA.

Selain pulau besar, ada juga pulau-pulau kecil yang tak kalah terkenal, diantaranya adalah Rote, Solor, Pura, Rusa, Landu Manifon, Sarvu, Komodo, Batang, dan masih banyak lainnya.

Iklim dan Cuaca

Suhu udara rata-rata di NTT adalah 27 °C dengan suhu maksimum rata-rata 29 °C, dan suhu minimum rata-rata 26 °C. Januari biasanya menjadi bulan terdingin dengan suhu rata-rata 26 °C.

Transportasi Menuju ke Nusa Tenggara Timur

Untuk menunjang kebutuhan transportasi menuju ke tempat wisata di Nusa Tenggara Timur, Provinsi NTT sendiri telah memiliki bandara dan pelabuhan terbanyak di Indonesia.

Jadi tidak perlu khawatir dan bingung, karena moda transportasi terbilang cukup mudah untuk menuju ke NTT. Setidaknya ada 14 bandara dan 42 pelabuhan yang tersebar di seluruh wilayah NTT.

Jumlah tersebut belum termasuk pelabuhan rakyat maupun pelabuhan alam yang biasa digunakan oleh nelayan atau transportasi lokal antar pulau.

Transportasi dalam Kota untuk Wisata di Nusa Tenggara Timur

Dalam hal transportasi umum, ada sedikit perbedaan moda transportasi umum dengan wilayah lain. Misalnya saja di Bogor yang memiliki banyak angkot atau Jakarta yang memiliki banyak bus kota.

Di NTT, jenis moda transportasi serupa jarang ditemui. Ada beberapa jenis transportasi umum yang bisa digunakan untuk berkeliling yang tidak dimiliki daerah lain. Berikut adalah ulasannya.

Angkutan Umum

Sumber: instagram.com/hendrik12/

Sumber: liputan6.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *