Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di tengah-tengah kepulauan Indonesia, di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Desa Komodo, Kec.Komodo yang berjarak 190 km dari kota Labuan Bajo. Untuk mencapai Taman Nasional Komodo dengan menggunakan speed boat dan lokal boat. (speed boat : Labuan Bajo – Pulau Rinca/Loh Buaya ± 45 menit, Labuan Bajo – Pulau […]

Sumber : Istimewa

Taman Nasional Komodo terletak di tengah-tengah kepulauan Indonesia, di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Desa Komodo, Kec.Komodo yang berjarak 190 km dari kota Labuan Bajo.
Untuk mencapai Taman Nasional Komodo dengan menggunakan speed boat dan lokal boat.

(speed boat : Labuan Bajo – Pulau Rinca/Loh Buaya ± 45 menit, Labuan Bajo – Pulau Komodo/Loh Liang ± 1,5 jam dan dengan lokal boat Labuan Bajo – Pulau Rinca/Loh Buaya ± 2 jam, Labuan Bajo – Pulau Komodo/Loh Liang ± 4 jam) Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.
Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1.817 km².

Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan.

Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini. Kegiatan wisata bahari yang dapat dilakukan misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping.

Fasilitas yang ada di taman nasional komodo yaitu Hotel Melati, MCK,Rumah makan. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Sumber : Istimewa
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *